About

About

slider

Recent

Menu :

Tentang ilmu, pengetahuan, dan cerita pribadi

Movies Post

Sports

Diberdayakan oleh Blogger.

Music

Business

Cari Blog Ini

Travel

Fashion

Design

Movies

Mengenai Saya

Foto saya
Kenali aku langsung empat mata.

Fashion

Sports

Movies

News

Latest News

Recent Post

Games

Recent Articles

Navigation

Materi Tentang Kalimat Dua Syahadat


Makna Kalimat Syahadat Tauhid 

Syahadat yang pertama adalah Syahadat Tauhid. Syahat Tauhid berbunyi : “Asyhadu alla ilaaha illallah” yang mempunyai arti, aku bersaksi bahwa tidak ada yang berhak disembah kecuali Allah.

Di dalam syahadat ini memiliki penafian atau penolakan bahwa tidak sesembahan selain Allah dan menetapkan bahwa sesembahan yang benar dan hak hanya Allah semata. Ini juga merupakan sebuah kenyataan bahwa di dunia ini terdapat banyak sesembahan yang dibuat-buat selain Allah.

Ada orang yang menyembah kuburan, batu, pohon, wali, jin, dan lain-lain. Namun semua sesembahan itu sangat tidak berhak untuk disembah. Karena yang berhak disembah hanyalah Allah semata. Allah berfirman dalam QS. Al Hajj ayat 62 : 

“Yang demikian itu adalah karena Sesungguhnya Allah Dialah (tuhan) yang haq dan Sesungguhnya segala sesuatu yang mereka seru selain Allah, itulah yang batil. Dan Sesungguhnya Allah, Dialah yang Maha Tinggi lagi Maha besar.”

Serta di dalam QS. Al-Baqrah ayat 256 yang berbunyi :

“Maka barangsiapa yang ingkar kepada sesembahan selain Allah dan beriman pada Allah, sungguh dia telah berpegang pada tali yang sangat kuat.” (QS. Al Baqarah:256)

Maka dari itu, dengan mengucapkan dan meyakini lafadz dari syahadat Tauhid tersebut. Kita juga telah harus meninggalkan kepercayaan atau sesembahan yang batil atau salah. Dan terus tetap menjaga keyakinan dan kelakukan kita untuk tetap menyembah hanya Allah saja.
Makna Syahadat Rasul 

Syahadat kedua adalah syahadat Rasul yang berbunyi “Asyhadu anna Muhammadar Rasulullah” yang mempunyai arti, aku bersaksi bahwasanya Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah Rasul Allah”.

Seperti yang kita ketahui sebagai ummat Muslim. Rasul merupakan seorang manusia yang diberikan wahyu oleh Allah yaitu berupa syari’at. Dan Rasul diperintahkan oleh Allah untuk mendakwahkan syari’at tersebut kepada ummat manusia (Syarah Arba’in an Nawawiyah, Syaikh Al ‘Utsaimin).

Seperti yang tercantum dalam Hadist Riwayat Muslim bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada di tanganNya! Tidaklah mendengar kenabianku salah seorang dari umat ini, baik itu Yahudi atau pun Nasrani, lalu ia meninggal sementara ia tidak beriman dengan apa yang aku bawa, kecuali ia akan termasuk penduduk neraka”

Nabi Muhammad Shallahu ‘allaihi wa sallam selain selain merupakan Rasul Allah, beliau juga merupakan Hamba Allah seperti kita layaknya manusia lainnya. Namun kita harus bisa mencintai juga mengagungkan beliau yang merupakan seorang Rasul. Namun di sisi lain, kita juga tidak boleh mengagungkan beliau Rasulullah SAW secara berlebihan.

Hal itu sesuai yang disampaikan Beliau yang berbunyi :

“Sesungguhnya aku hanyalah hamba, maka sebutlah: hamba Allah dan Rasul-Nya.”

Kita tidak boleh menganggap Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam mempunyai sifat-sifat yang berlebihan, atau mempunyai sifat-sifat yang seharusnya hanya dimiliki oleh Allah. Sepertinya misalkan menganggap beliau bisa mengetahui perkara yang ghaib, bisa mengabulkan do’a, bisa menghilangkan kesulitan hidup kita, dan banyak lagi yang lainnya.

Pemahaman tersebut adalah salah. Karena di dalam makna kalimat syahadat Rasulullah ini adalah cukuplah kita meyakini bahwa Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Salllam merupakan salah satu Rasul Allah. Utusan Allah terakhir yang mengemban misi memperbaiki Aklaq manusia dan membawa Al-Qur’an dan Al-Hadist sebagai jalan penuntun manusia untuk selamat di Dunia dan Akhirat kelak.

Tugas kita yang telah mengucapkan dan meyakininya adalah dengan melaksanakan setiap amalan serta syariat yang telah dicontohkan baik itu dari Al-Qur’an dan Al-Hadist yang diturunkan melalui Nabi Muhammad kepada kita ummat Islam. 

Hal Yang Membatalkan Syahadat

Kita yang telah mengucapkan dua kalimat syahadat dan telah dipersaksikan oleh seseorang atau orang lain bisa saja batal. Hal tersebut karena kita telah melakukan beberapa amalan yang dapat membatalkan syahadat tersebut.

Beberapa amalan tersebut bisa saja berupa perkataan, perbuatan, ataupun keyakinan. Begitu banyak amalan yang dapat membatalkan dua kalimat syahadat sehingga kita sebagai ummat Muslim yang ingin selamat harus mengetahui dan mewaspadainya.

Secara singkat dan garis besar, hal yang dapat membatalkan syahadat kita adalah sebagai berikut :
  • Melakukan perbuatan syirik kepada Allah,
  • Membuat perantara antara dirinya dengan Allah dimana dia menjadikan perantara tersebutlah yang memberikan syafaat, tanpa menyertakan Allah di dalamnya,
  • Membenarkan keyakinan orang musyrik,
  • Meyakini bahwa ada hukum yang lebih baik daripada yang dibawakan di dalam Al-Qur’an dan Hadist.
  • Membenci sebagian atau seluruh ajaran yang dibawakan oleh Rasulullah Muhammad SAW,,
  • Menghinakan Al-Qur’an dan Hadist,
  • Melakukan sihir,
  • Tolong menolong dengan kaum kafir beribadah dan keyakinan,
  • Berpaling dari ajaran agama Islam, tidak mempelajari dan mengamalkan ajaran Islam.
Sebenarnya perlu dilakukan ulasan sendiri tentang hal yang dapat membatalkan syahadat diatas. Namun secara garis besar tersebut kita akan tahu hal apa saja yang tidak boleh kita lakukan dan hindari agar syahadat dan aqidah kita tetap terjaga.

Itulah ulasan yang singkat ini. Semoga Allah selalu menjaga kita dari setiap kemunafikan dan kekafiran. Serta agar kita bisa beribadah lebih ikhlas karena Allah semata juga dapat mengikuti setiap tuntunan Nabi-Nya Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Share
Banner

Ucy Febian Blog

Kenali aku langsung empat mata.

Post A Comment:

0 comments:

Media Pembelajaran IPA SD "Sistem Peredaran Darah Manusia"

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.. Selamat siang teman-teman semuanya. Gimana hari ini? semoga lancar yaa segala urusan kali...