About

About

slider

Recent

Menu :

Tentang ilmu, pengetahuan, dan cerita pribadi

Movies Post

Sports

Diberdayakan oleh Blogger.

Music

Business

Cari Blog Ini

Travel

Fashion

Design

Movies

Mengenai Saya

Foto saya
Kenali aku langsung empat mata.

Fashion

Sports

Movies

News

Latest News

Recent Post

Games

Recent Articles

Navigation

Materi Tentang Adab Belajar

ADAB BELAJAR 
 
 
1. Pengertian adab belajar
Adab belajar adalah membiasakan diri untuk rajin belajar. Pepatah mengatakan rajin pangkal pandai. Arti dari rajin pangkal pandai adalah kalau ingin pandai maka harus rajin belajar. Contoh adab belajar yang baik adalah belajar dengan rajin, berdoa sebelum dan sesudah belajar.

2. Doa sebelum dan sesudah belajar 

Doa sebelum belajar.
رَضِيْتُ بِاللَّهِ رَبًّا وَبِاْلإِسْلاَمِ دِيْنًا وَبِمُحَمَّدٍ نَّبِيَّا وَرَسُلاً رَبِّيْ زِدْنِيْ عِلْمًا وَرْزُقْنِيْ فَهْمًا
Raditu bullahi rabba wabil islmami dina wabimuhammadin nabiyyaw warasula, rabbi zidni ‘ilma warzuqni fahma
Artinya: aku rela Allah tuhanku, islam agamaku, Nabi Muhammad sebagai nabi dan utusan Allah, ya tuhanku tambahkanlah aku ilmu dan berilah aku kefahaman

Doa sesudah belajar
اَللَّهُمَّ اَرِنِيْ اْلحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنِيْ اتِّبَاعَهُ وَاَرِنِيْ اْلبَاطِلاً وَارْزُقْنِيْ اجْتِنَابَهُ
Allahumma arinil haqqa haqqa, warzuqnit tiba-’ah, wa arinal batila batila, war zuqnaj tina-bah
Artinya: ya Allah tunjukkanlah kepadaku bahwa yang benar tampak benar, dan berilah aku kekuatan untuk mengikutinya, dan tunjukkanlah kepadaku bahwa yang salah tampak salah dan berilah aku kekuatan untuk menjauhinya.

3. Manfaat adab belajar
1. Dapat belajar terus
2. Dapat belajar mandiri, tanpa perlu diperintah guru/ orang tua.
3. Dapat belajar dengan teratur

4. Membiasakan adab belajar
1. Berdoa sebelum dan sesudah belajar
2. Belajar dengan sungguh-sungguh
3. Di sekolah memperhatikan penjelasan guru dan jika belum jelas bertanya dengan sopan 4. Di rumah mengulang pelajaran dan mengerjakan tugas dari sekolah
Share
Banner

Ucy Febian Blog

Kenali aku langsung empat mata.

Post A Comment:

0 comments:

Media Pembelajaran IPA SD "Sistem Peredaran Darah Manusia"

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.. Selamat siang teman-teman semuanya. Gimana hari ini? semoga lancar yaa segala urusan kali...