About

About

slider

Recent

Menu :

Tentang ilmu, pengetahuan, dan cerita pribadi

Movies Post

Sports

Diberdayakan oleh Blogger.

Music

Business

Cari Blog Ini

Travel

Fashion

Design

Movies

Mengenai Saya

Foto saya
Kenali aku langsung empat mata.

Fashion

Sports

Movies

News

Latest News

Recent Post

Games

Recent Articles

Navigation

Pembelajaran IPA Kelas 3 SD


PERUBAHAN SIFAT BENDA





Pernahkah kamu melihat besi berkarat? Mengapa beras yang keras dapat berubah menjadi nasi yang bentuk? Pernah pulakah kamu melihat nasi basi atau sisa sampah yang terbakar? Mengapa benda-benda tersebut dapat berubah kondisinya? Apa sebabnya?

Benda dapat mengalami perubahan disebabkan oleh banyak hal. Perubahan dapat terjadi dengan sendirinya, dapat pula terjadi karena disengaja. Penyebab perubahan tersebut, antara lain, umurnya makin tua, adanya penyakit, mengalami pendinginan, pengeringan, pembakaran, perpindahan, dan dan sebagainya.

A. Faktor-Faktor Penyebab Perubahan Benda
Bentuk benda dapat berubah jika suhunya berubah. Benda padat dapat berubah menjadi cair jika dipanaskan. Sebagai contoh bongkahan es akan berubah menjadi air jika dipanaskan, dan air tersebut akan berubah menjadi uap jika terus dipanaskan. Sebaliknya, gas dapat berubah menjadi benda cair jika suhunya diturunkan atau didinginkan. Benda cair dapat berubah menjadi benda padat jika didinginkan. Sebagai contoh, uap air akan menjadi air jika suihunya turun. Air akan berubah menjadi es jika didinginkan, (misalnya dimasukkan ke dalam lemari es). Perubahan seperti di atas, disebut perubahan fisika. Perubahan fisika adalah perubahan sementara. Benda yang mengalami perubahan fisika akan berubah kembali ke bentuk semula jika suhunya dikembalikan ke suhu semula.


B. Perubahan yang Terjadi Akibat Pemasakan
Bahan makanan yang dimasak pasti mengalami perubahan. Perubahan itu meliputi mentah menjadi matang, keras menjadi lunak, ukurannya berubah serta warna dan rasanya berubah. Proses pemasakan bahan makanan ada beberapa macam, antara lain : menggoreng, merebus, membakar dan mengukus. Proses inilah yang dapat mengubah sifat-sifat suatu benda. Perubahan di atas disebut perubhan kimia. Perubahan kimia adalah perubahan kekal. Benda yang telah mengalami perubahan kimia, tidak akan dapat kembali ke bentuk semula.
Share
Banner

Ucy Febian Blog

Kenali aku langsung empat mata.

Post A Comment:

0 comments:

Media Pembelajaran IPA SD "Sistem Peredaran Darah Manusia"

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.. Selamat siang teman-teman semuanya. Gimana hari ini? semoga lancar yaa segala urusan kali...