About

About

slider

Recent

Menu :

Tentang ilmu, pengetahuan, dan cerita pribadi

Movies Post

Sports

Diberdayakan oleh Blogger.

Music

Business

Cari Blog Ini

Travel

Fashion

Design

Movies

Mengenai Saya

Foto saya
Kenali aku langsung empat mata.

Fashion

Sports

Movies

News

Latest News

Recent Post

Games

Recent Articles

Navigation

Materi Tentang Kalimat Tanya

Kalimat Tanya

Kalimat tanya digunakan untuk menanyakan sesuatu kepada orang lain dan mengharapkan jawaban. Kalimat tanya biasanya diawali dengan kata tanya dan diakhiri dengan tanda tanya (?). Bagaimana cara membuat kalimat tanya?

Ada beberapa kata tanya yang bisa digunakan untuk membuat sebuah kalimat tanya.
1. Siapa, digunakan untuk menanyakan nama.
Contoh:
Kalimat tanya: Siapa namamu?
Kalimat jawaban : Namaku Salsabila

Kalimat tanya: Siapa nama ayahmu?
Kalimat jawaban: Nama ayahku Ali.

2. Kapan, digunakan untuk menanyakan waktu.
Contoh:
Kalimat tanya: Kapan kamu berangkat ke sekolah?
Kalimat jawaban: Aku berangkat pukul tujuh pagi.

Kalimat tanya: Kapan kamu berlibur ke pantai?
Kalimat jawaban: Aku akan ke pantai besok minggu.

3. Di mana, ke mana, dari mana, digunakan untuk menanyakan tempat.
Contoh:
Kalimat tanya: Di mana kamu tinggal?
Kalimat jawaban: Aku tinggal di jalan Abu Bakar nomor 15.

Kalimat tanya: Ke mana kamu akan pergi?
Kalimat jawaban: Aku akan pergi ke rumah kakek.

Kalimat tanya: Dari mana kamu kemarin?
Kalimat jawaban: Aku kemarin dari Jakarta.

4. Berapa, digunakan untuk menanyakan jumlah.
Contoh:
Kalimat tanya: Berapa jumlah kelerengmu?
Kalimat jawaban : Kelerengku ada 30.

Kalimat tanya: Berapa lama kamu libur sekolah?
Kalaimat tanya: Aku libur sekolah dua minggu.

5. Apa, digunakan untuk menanyakan benda atau suatu hal
Contoh:
Kalimat tanya: Apa yang kamu bawa?
Kalimat jawaban: Aku membawa jeruk.

Kalimat tanya: Apa kamu suka membaca?
Kalimat jawaban: Aku suka membaca/Aku tidak suka membaca.

6. Mengapa, digunakan untuk menanyakan sebab.
Contoh:
Kalimat tanya: Mengapa kamu terlambat ke sekolah?
Kalimat jawaban: Karena aku bangun kesiangan.

Kalimat tanya: Mengapa kamu suka membaca?
Kalimat jawaban: Karena membuatku pandai.
Share
Banner

Ucy Febian Blog

Kenali aku langsung empat mata.

Post A Comment:

0 comments:

Media Pembelajaran IPA SD "Sistem Peredaran Darah Manusia"

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.. Selamat siang teman-teman semuanya. Gimana hari ini? semoga lancar yaa segala urusan kali...