About

About

slider

Recent

Menu :

Tentang ilmu, pengetahuan, dan cerita pribadi

Movies Post

Sports

Diberdayakan oleh Blogger.

Music

Business

Cari Blog Ini

Travel

Fashion

Design

Movies

Mengenai Saya

Foto saya
Kenali aku langsung empat mata.

Fashion

Sports

Movies

News

Latest News

Recent Post

Games

Recent Articles

Navigation

Pembelajaran Sumber Energi, Kegunaan, Dan Cara Menghemat


BAB 9
SUMBER ENERGI, KEGUNAAN, DAN CARA MENGHEMAT

A. Macam-Macam Sumber Energi
Sumber energi adalah benda yang dapat memberikan energi pada benda lain untuk melakukan suatu kegiatan. Contoh sumber-sumber energi yang terdapat di sekitar kita antara lain : makanan, minyak bumi, gas alam, baterai, listrik, matahari, air dan angin.

1. Makanan Makanan yang kita makan sehari-hari berasal dari tumbuhan dan hewan. Tumbuhan memperoleh energi dari matahari. Hewan memperoleh energi dari tumbuhan dan hewan lainnya yang dimakan.
Sebagai sumber energi, makanan berfungsi anatara lain untuk :
a. Menggerakkan organ-organ tubuh
b. Memenuhi keperluan hidup, dan
c. Mempertahankan kelangsungan hidup

2. Minyak Bumi dan Gas Alam Saat ini, sebagian bahan bakar kendaraan dan berbagai mesin berasal dari minyak bumi. Saat melakukan pengeboran minyak bumi, ada kalanya mengenai lapisan gas yang disebut dengan gas bumi atau gas alam. Gas alam digunakan unuk menggerakkan mesin uap di pabrik-pabrik dan sebagai bahan bakar kompor gas.

3. Baterai Di dalam baterai terdapat zat kimia yang dapat menghasilkan energi kimia. Saat baterai digunakan, energi kimia tersebut berubah menjadi energi listrik. Ukuran batearai bermacam-macam, ada yang besar, ada pula yang sangat praktis dan mudah dibawa ke mana-mana. Namun energi listrik yang dihasilkan baterai tidak begitu besar.

4. Energi Listrik Energi listrik digunakan secara luas dalam kehidupan sehari-hari. Mulai untuk menyalakan lampu penerangan sampai untuk menghidupkan alat-alat listrik lainnya. Misalnya : radio, televisi, lemari es, setrika, tape recorder (baca : tip rekorder), komputer, kompor listrik, dan penanak nasi atau rice cooker (baca : rais kuker).

5. Matahari Matahari merupakan sumber energi terbesar bagi kehidupan di bumi. Matahari memancarkan cahaya dan panas. Semua makhluk sangat bergantung pada energi matahari. Dalam kehidupan sehari-hari, manusia memerlukan energi matahari antara lain untuk :
a. Menghangatkan tubuh
b. Mengeringkan pakaian
c. Mengeringkan bahan makanan, seperti ikan, kerupuk, kopi yang baru dipetik, padi yang baru di panen.
d. Membuat garam
e. Bahkan kini energi matahari juga digunakan untuk membangkitkan energi listrik.

6. Air Aliran air dapat menghasilkan energi. Contohnya, air terjun. Jadi air terjun juga merupakan sumber energi. Umumnya air terjun mempunyai aliran air dalam jumlah besar sehingga dapat menghasilkan energi yang besar pula. Energi yang berasal dari aliran air terjun dapat digunakan untuk memutar turbin pada pusat pembangkit listrik. Putaran yang dihasilkan turbin dapat menggerakkan generator listrik sehingga energi litrik dapat dihasilkan. Pembangkit listrik tenaga air dikenal dengan singkatan PLTA.

7. Angin Angin adalah udara yang bergerak. Angin mempunyai energi. Jadi angin juga termasuk sumber energi. Manusia telah memanfaatkan energi angin sejak dahulu. Misalnya, untuk menggerakkan perahu layar, layang-layang dan kincir angin. Saat ini, angin juga dimanfaatkan untuk membangkitkan energi listrik, tetapi masih terbatas pada negara-negara tententu.

B. Tujuan Penggunaan Sumber Energi
Tujuan penggunaan sumber energi antara lain sebagai berikut :
1. Menghasilkan Penerangan Untuk menerangi rumah dan lingkungan sekitar di waktu malam, masyarakat di daerah yang belum terjangkau jaringan listrik umumnya menggunakan lampu minyak. Sedangkan, untuk daerah yang sudah terjangkau jaringan listrik, masyarakatnya menggunakan lampu listrik untuk menerangi rumah dan lingkungan sekitarnya.
2. Menghasilkan Panas dan Dingin Enrgi panas dapat berasal dari matahari, api, atau listrik. Pada daerah dingin, orang membuat pakaian dari bahan yang tebal dan menciptakan pemanas ruangan agar tidak kedinginan. Sebaliknya, orang-orang yang tinggal di daerah panas memerlukan pendingin ruangan. Contohnya alat yang digunakan untuk mendinginkan bahan makanan dan minuman adalah lemari es (kulkas).
3. Menggerakkan Suatu Benda Mobil dan kendaraan bermotor menggunakan energi gerak. Energi gerak tersebut, umumnya diperoleh dari bahan bakar bensin atau solar sehingga kendaraan dapat berjalan. Nelayan yang mempunyai perahu layar, memanfaatkan energi gerak yang berasal dari dari angin akan melaut.

C. Penghematan Energi
Di alam ini tersedia banyak sumber energi. Berbagai macam sumber eneri itu dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu sumber energi yang dapat diperbaharui dan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui. Contoh sumber energi yang dapat diperbaharui, antara lain baterai, makanan air, angin, dan matahari. Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, antara lain, minyak bumi, gas alam, batu bara, dan barang-barang tambang lain.

Sumber energi yang tidak dapat diperbaharui adalah sumber energi yang apabila sudah habis terpakai, tidak dapat dibentuk lagi dalam waktu yang sangat singkat. Oleh karena itu manusia dengan selgala kepandaiannya berusaha untuk menemukan sumber energi baru.

Agar sumber energi yang telah disediakan oleh alam ini tidak cepat habis, maka perlu digalakkan tindakan penghematan energi sedini mungkin. Usaha itu menghemat energi yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, antara lain : 1. Menggunakan alat-alat listrik yang hemat energi,
2. Mematikan alat-alat listrik bila tidak digunakan,
3. Kamar kosong tidak perlu diberi penerangan,
4. Menggunakan kendaraan yang hemat bahan bakar,
5. Mematikan keran air apabila selesai di gunakan,
6. Menggunakan air secukupnya saat mencuci pakaian,
7. Menggunakna kompor yang hemat energi.
Share
Banner

Ucy Febian Blog

Kenali aku langsung empat mata.

Post A Comment:

0 comments:

Media Pembelajaran IPA SD "Sistem Peredaran Darah Manusia"

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.. Selamat siang teman-teman semuanya. Gimana hari ini? semoga lancar yaa segala urusan kali...